Blog
Mengenal perbedaan HTTP dan HTTPS

Ketika anda mengunjungi sebuah website, terlihat ada icon gembok berwarna hijau pada bar nama domain. Itulah yang berguna melindungi informasi anda, sehingga tidak ada yang dapat mengetahui informasi pribadi anda. Contohnya ketika kita berbelanja online dan harus melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, data kartu kredit kita akan tetap aman jika website toko online tersebut sudah menggunakan https. Lain halnya jika website tersebut masih menggunakan http, data yang kita berikan bisa sangat rawan untuk disalahgunakan oleh orang lain.

Pengertian HTTP dan HTTPS

  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

HTTP merupakan protokol yang berfungsi untuk komunikasi antar sistem. HTTP biasanya digunakan untuk mengirim data dari web server ke browser. Pada website yang masih menggunakan HTTP, data yang dikirimkan tidak dienkripsi dan hal itu dapat menyebabkan penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Website yang menggunakan HTTPS biasanya memiliki fitur login atau transaksi elektronik. Untuk website yang sudah menggunakan HTTPS, ketika website tersebut diakses menggunakan HTTP, maka akan ke redirect ke HTTPS website tersebut. HTTPS menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) pada saat mengirim dan menerima data melalui port 443 dengan koneksi yang dienkripsi oleh SSL atau pun TLS.

Bagaimana HTTPS Bekerja

HTTPS mengacu pada kombinasi dari interaksi antara HTTP melalui SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Kombinasi ini menjamin perlindungan data dari serangan penyadap. Saat website dengan HTTPS diakses, browser akan melakukan pengecekan apakah website tersebut tersambung dengan sertifikat SSL/TLS. Jika website tersambung, maka akan terjadi SSL handshake. Browser akan memvalidasi dan memastikan website terbukti valid.

Pada saat proses SSL handshake berlangsung, public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi data. Setelah sertifikat valid, session key akan dibuat oleh klien serta server. Hal ini ditandai dengan adanya ikon gembok berwarna hijau dan HTTPS sebelum nama domain pada bar URL browser.

Keuntungan  mengubah HTTP menjadi HTTPS?

Ketika user mengakses sebuah web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirimkan kepada user telah dienkripsi terlebih dahulu oleh protokol ini. Semua informasi yang user  kirimkan ke server, dapat berupa data registrasi, identitas, nomor pin, transfer pembayaran, dll akan dienkripsi juga sehingga tidak akan ada yg bisa mencuri data-data user ketika proses transaksi data sedang berlangsung, maka transaksi data user menjadi lebih aman. Protokol HTTPS biasanya dapat kita temukan pada situs-situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dsb. Karena di area bisnis inilah sanagt rentan sekali terjadi eavesdropping oleh pihak ketiga. Untuk itulah Anda membutuhkan sertifikat SSL, demi keamanan data website anda.

Share This Post:

Other Blog

3 Website untuk Mengukur Kecepatan Akses Website

Kecepatan loading / akses dari sebuah website sangatlah penting, karena itu merupakan faktor penting untuk menunjang kenyamanan pengunjung  saat mengakses website anda.

Pengumuman Libur Lebaran 2018

Sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri, seluruh kegiatan operasional PT.

Beberapa Plugin yang penting untuk Maintenance WordPress

Artikel Citrahost kali ini, kami akan membahas tentang beberapa plugin WordPress yang digunakan untuk maintenance dan juga untuk update halaman website WordPress anda.


Plugin Gallery untuk mempercantik Halaman WordPress

Dalam pembuatan galeri gambar pada website yang berbasis WordPress, plugin galerry WordPress sangat berguna bagi pengguna WordPress.

Blokir email melalui CPanel

Aplikasi penyaring spam tidak dapat memblokir semua email yang terdeteksi spam masuk ke email anda.

Cara Membatasi akses Login WordPress

Ada banyak cara yang digunakan oleh para hacker / peretas website untuk masuk ke website Anda.


Mengenal pengertian dan jenis SSL

Artikel Citrahost kali ini akan membahas tentang pengertian jenis-jenis SSL (Secure Socket Layer).

Mengenal Lebih Jauh apa itu CMS

Kepanjangan dari CMS adalah Content Management System, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Sistem Manajemen Konten.

Tutorial membatasi akses website berdasarkan IP dengan .htaccess

Kali ini, Citrahost akan memberikan tutorial cara membatasi akses website berdasarkan IP dengan menggunakan .




Mengenal beberapa istilah yang sering digunakan WebMaster

Kali ini kita akan lanjut mendalami pemahaman kita mengenai hosting, kita akan mengenal beberapa istilah hosting yang sering dipergunakan oleh para WebMaster.

Cari tahu Sejarah dan Pengertian Hosting

Sekarang kita akan membahas tentang hosting, untuk mempermudah pemahaman maka pada bagian pengertian ini kita ulangi kembali “Jika diibaratkan Domain adalah alamat jalan sebuah kantor, dan hosting adalah kantornya.

Cari tahu Sejarah dan Pengertian Domain

Domain pada umumnya dikenal sebagai alamat unik untuk sebuah website.



Cara Mengatasi Lupa Password cPanel

Lupa adalah hal yang wajar bagi kita, dikarenakan banyak hal yang harus diingat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Internal Server Error

Sudah pernahkah website anda muncul pesan error 500 internal server error ? Tenang saja, kita akan bantu cara mengatasinya, untuk internal server error sendiri adalah pesan yang web server tampilkan karena tidak mampu memenuhi apa yang di minta  pengunjung web karena terdapat kesalahan untuk akses URL yang diminta pengunjung karena terjadi kesalahan.

Apa Sih Citraweb School

Citraweb mempunyai sebuah produk Website yang khusus diperuntukkan bagi Sekolah dan langsung dapat digunakan dengan memadukan fitur yang memiliki kemampuan dalam penyajian informasi sekolah dengan modul sistim informasi yang dapat meningkatkan efisiensi kegiatan belajar mengajar di sekolah.



Website kamu belum HTTP/2,segera pindahkan ke citrahost

Website kamu belum HTTP/2 ?, segera pindahkan ke citrahost karena di citrahost Web Hosting selain harga sudah support HTTP/2 untuk layanan Web Hosting dan Wordpress Hosting.

Tips Mengatasi Disk Space Hosting Penuh

Jika Anda menggunakan Cpanel dan tiba-tiba melihat pada bagian disk space hosting Anda penuh, tidak perlu cemas.

Cara Meningkatkan Ukuran post_max_size dan upload_max_filesize di Cpanel

Pernahkah kalian gagal di tengah jalan saat melakukan proses upload data yang di karenakan ada pembatasan maksimal upload size di Cpanel?  Sebenarnya masalah tersebut terdapat pada pengaturan PHP di Cpanel yang secara default melakukan pembatasan maksimal file upload hanya 2 MB.



Menambah Domain di Plesk Panel

Berikut adalah tutorial untuk menambahkan domain dengan menggunakan Plesk Panel :  1.

Kenapa Harus Pakai Domain .ID ?

Domain merupakan salah satu fasilitas untuk mempermudah pengunjung mengingat sebuah website.

Lebih cepat dan aman dengan HTTP/2

Apa itu HTTP/2? HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah standard protokol web yang digunakan browser untuk berkomunikasi dengan webserver (apache,nginx,litespeed) untuk menampilkan website pada browser.



Cara Aktivasi Domain .id Citrahost

Bagi kalian yang ingin melakukan pendaftaran domain .

Error Saat Pertama kali akses login cpanel

Error Saat Pertama kali akses login cpanel jika anda pertama kali melakukan akses cpanel anda,anda akan mendapati halaman seperti berikut di browser anda Mozilla : Jika anda mendapati halaman seperti di atas pada mozilla silahkan klik di i understand the risks klik Add Exception… Confirm Security Exception Detailnya dapat dilihat di https://support.

Mengakses Database Mysql secara remote

Jika anda sudah memiliki database dan ingin digunakan secara remote dari localhost ataupun web hosting lain berikut ini adalah petunjuk melakukan remote database ke hosting anda, 1.



Setting Email di Perangkat Android

Berikut ini langkah-langkah menambahkan account email yang telah Anda miliki tersebut ke perangkat Android Anda :   1.

Membersihkan Website terkena malware

Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris: malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software.